Fortopolio:Mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah

 

Mahasiswa Unusa dalam generasi Aswaja An-Nahdliyah

  Sunnah adalah ajaran yang diikuti secara konsisten oleh para pengikut,baik nabi maupun wali. Dan istilah sunny dinisbatkan pada sunnah. Jamaah adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bersatu diatas kebenaran yang berdasarkan al-Qur'an dan Hadits,dan mereka adalah para sahabat dan tabiin walaupun sedikit. Jadi, ahlussunnah wal jamaah adalah golongan yang berperan teguh dengan quran dan sunnah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalam memahamuvdan mengamalkan islam
  
  NU didirikan pada tanggal 31 Januari 1926 oleh KH. Hasyim Asy 'ari,dan sebelum itu beliau sowan pada guru beliau Syaikhona Kholil Bangkalan. Dan pelopor NU yang lain adalah KH. Abdul Wahab Hasbullah,KH. Bisri Syansuri,KH. Ridwan Abdullah ( yang menggambar logo NU),KH. Mas Alwi Abdul Aziz ( yang memberi nama NU),dsb.

 NU merumuskan aswaja dalam berakidah mengikuti imam Asy'ari dan imam Maturidi,dalam ubudiyyah mengikuti 4 imam: imam Hanafi, imam Maliki,imam Syafi'i,dan imam Hambali,dan dalam bidang tasawuf mengikuti imam al Junaidi dan imam Ghazali.
  
  4 dasar NU:
1. Tawassuth/moderat
2. Tasamuh/toleran
3. Itidal/ tegak lurus
4. Tawazun/

 Sanad keilmuan bagian dari agama,kalau belajar harus ada guru jika tidak maka gurunya adalah setan.

Narasumber: Dr.KH. Reza Ahmad Zahid,Lc.,M.A.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soerabaja Then - Now

Resume Wujudkan Desa Tanggap Darurat di Wilayah Perak Surabaya, Tim HIMAK3 UNUSA Lolos Pendanaan P2MD Tahun 2023