Fortopolio:Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas


 Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

 pesan dari bu Ema Umiyyatul Chusnah,ST,M.MPd " tetap semangat bagi mahasiswa baru UNUSA kalian adalah pelopor ..."

 Visi Indonesia emas 2045 adalah sejajar dengan negara-negara maju. Negara bjsa bubar kapan pun,perlu memiliki pondasi negara yang kuat dan pancasila sudah membuktikan sejak dahulu. Modal untuk menghadapinya Indonenesia memiliki demografi yang besar. Tantangan untuk menyiapkannya adalah masuknya paham radikalisme dan ideologi anti pancasila di Indonesia.

 Harus melakukan pendalaman karakter pada nilai-nilai pancasila untuk menangkal paham radikalisme. Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional. Pembangunan nasional adalah dimana manusia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia juga tidak hanya mementingkan kepentingan pribadi tetapi juga harus mementingkan kepentingan masyarakat.

 Pancasila dalam pembangunan nasional sebagai identitas. Indentitas nya Indonesia dari aspek manapun. Kelima nilai inti pancasila menjadikan rujukan dalam perkembangan pranata social dan pola tingkah laku segenap warga negara,baik secara individu maupun kolektif.

 Peran NU adalah berpartisipasi dalam melaksanakan hak dan kewajibanbberdasarkan pancasila.

Narasumber : pak Mukarim

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soerabaja Then - Now

Resume Wujudkan Desa Tanggap Darurat di Wilayah Perak Surabaya, Tim HIMAK3 UNUSA Lolos Pendanaan P2MD Tahun 2023