Soerabaja Then - Now

Nama : Bilqis Syazwina Asadel
Prodi : Gizi
Angkatan : 2023
Fakultas : Kesehatan

Pemenuhan tugas akhir universitas yang di selenggarakan oleh AKAMAWA UNUSA

Tema : Kota Lama Surabaya
Judul : Soerabaja Then - Now

• Artikel




Soerabaja Then - Now

Surabaya adalah kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia. Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang memiliki infrastruktur yang berkembang pesat, pusat ekonomi, bisnis, dan perdagangan yang maju. Surabaya juga menjadi pusat transportasi dan logistik penting di Jawa Timur, menjadikannya salah satu kota utama di Indonesia. Selain itu, kota Surabaya mendapat julukan sebagai kota pahlawan yang mana gelar itu didapat setelah ada nya pertempuran yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Pada tanggal itu juga di peringati sebagai hari pahlawan untuk mengenang jasa para pejuang yang gugur pada saat pertempuran tersebut tersebut.

 



Kota lama Surabaya yang terletak di jalan rajawali ini adalah saksi sejarah di Surabaya. Jalan rajawali ini merupakan pusat kegiatan ekonomi dan perdagangan pada zaman sekutu dahulu, terutama pada masa kolonial Belanda. Kawasan ini menjadi tempat pelabuhan dan perdagangan penting dimana gudang – gudang besar dan bangunan bersejarah didirikan. Jalan Rajawali juga menjadi salah satu pusat transportasi dan distribusi barang yang datang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Perak, yang merupakan salah satu pelabuhan utama di Surabaya. Kawasan ini memainkan peran penting dalam perekonomian Surabaya pada masa itu. Namun, pada saat ini Jalan Rajawali merupakan pusat bisnis dan komersial yang penting, dengan banyak gedung perkantoran, hotel, restoran, dan bangunan komersial yang lainnya. Selain itu, Jalan Rajawali masih mempertahankan beberapa bangunan bersejarah yang menjadi daya tarik wisata, terutama bagi mereka yang tertarik dengan sejarah kolonial Surabaya. Meskipun tidak lagi menjadi pusat perdagangan utama seperti dulu, Jalan Rajawali tetap berfungsi sebagai salah satu jalur utama di Surabaya.

• Foto


Saya memilih tema ini karena saya ingin lebih mengenalkan sejarah Surabaya. Selain itu, saya memilih jembatan merah dan replika sedan SB 723 karena kedua hal tersebut memiliki sejarah penting dalam pertempuran 10 November di Surabaya. 

• Video


Saya memilih Jalan Rajawali sebgai latar video saya karena saya ingin lebih mengenalkan Jalan Rajawali ini. Kawasan ini dulu adalah tempat penting, terutama pada masa kolonial Belanda. Pada saat ini, kawasan ini menjadi pusat komersial di Surabaya.

Sumber video tambahan:
1. Tiktok: https://vt.tiktok.com/ZSYTrdJEx/ 
2. Youtube: https://youtu.be/GqQw9PKhFYs?si=dL-RRb1gbYpTR9bD 
3. Youtube: https://youtu.be/r_Z8TYyW6w4?si=fPlGZw9ZwuQlVgtZ 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Wujudkan Desa Tanggap Darurat di Wilayah Perak Surabaya, Tim HIMAK3 UNUSA Lolos Pendanaan P2MD Tahun 2023